Di hari puasa Ramadhan seperti ini selalu dikaitkan dengan menahan diri dari makan minum dan nafsu. Banyak sekali anak-anak tidak dapat menahan hawa nafsunya karena masih belum mengerti dengan baik seperti kenakalan, membatalkan puasa dengan makan sembunyi, maupun miras/narkoba. Polisi disini hadir langsung ke sekolahan untuk menghimbau kepada adik-adik Sekolah dasar supaya dapat memahami dan menghindari aksi-aksi tercela tersebut. Senin, 17 April 2023.

Terdapat banyak sekali murid pada saat dikunjungi anggota Polsek Udanawu, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 kurang lebih 80 anak berkumpul menjadi satu ruangan penuh. Bersama dengan guru dibimbing dengan baik dan tertib. Polsek Udanawu yang diwakili Aipda Sunanto, S.H selalu PS. Kanit Binmas hadir untuk melaksanakan sosial atau himbauan Kamtibmas. Namun yang diminta oleh guru disini adalah tentang bullying, agar murid-murid dapat mengerti apa saja bullying itu.

Anak-anak diberikan pencerahan yang teratur agar tidak menimbulkan rasa kegelisahan, yang terkini saat ini adalah bullying dengan cara mengolok-olok. Terutama menyebut nama orang tua untuk yang menerima olokan. Oleh karena itu jangan sampai kenakalan seperti ini terus berlanjut apalagi menjadi tradisi karen tidak baik, selain itu bully dengan kontak fisik. Kalau verbal saja tak boleh apalagi kontak fisik dengan memukul, sebab saat menimbulkan bekas luka bisa saja orang tua korban akan menuntut proses hukum.

Ini semua dapat merugikan banyak pihak seperti orang tua, masa depan hingga nama baik sekolah. Anak-anak disini sangat antusias sekali dan senyum-senyum mungkin memang sering terjadi di kalangan kelas ini. Namun jangan sampai membuat sakit hati karena mental anak kecil masih labil. Murid-murid disini senang sekali pertama kali mendapat kunjungan ini, banyak sekali yang bisa diambil dari pengalaman ini, semoga kedepan menjadi anak yang taat kepada guru dan orang tua.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S. Sos “sosialisasi ini perlu sekali dilaksanakan secara rutin dari sekolah ke sekolah lain sebab memang Bermanfaat agar anak didik bisa paham akan resiko dan tanggung jawab sejak dini. Dan inipun juga membantu tugas Kepolisian dalam menekan angka kejahatan. ” Ujar Kapolsek Udanawu