Kota Blitar – Agenda kegiatan di kota Blitar hari ini kedatangan rombongan Lemhanas RI dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhanas RI) dengan melakukan ziarah ke Makam Bung Karno (MBK) Kota Blitar pada Kamis (16/05/2024). Menurut informasi Ir Soekarno atau yang lebih dikenal bung Karno adalah pendiri Lemhanas. Rombongan Lemhanas RI tiba di area Makam Bung Karno (MBK) sekitar pukul 10.30 WIB.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam kegiatan tersebut. Mulai dari Walikota Blitar, Kapolres Blitar Kota, Bupati Blitar, Kapolres Blitar dan lainnya.

Plt Gubernur Lemhanas RI, Letjen TNI Eko Mardiono mengatakan, pada 20 Mei 2024 mendatang, Lemhanas RI ulang tahun ke 59 dan salah satu rangkaian kegiatannya ziarah ke Makam Presiden pertama RI Ir Soekarno. Pasalnya Bung Karno merupakan pendiri Lemhanas RI dan kegiatan ini untuk mengenang jasa jasa Bung Karno.

“Beliau (Bung Karno) pendiri Lemhanas RI. Untuk mengenang jasa-jasa beliau (Bung Karno), kami ziarah ke makamnya pada hari ini,” kata dia.

Letjen TNI Eko Mardiono juga menjelaskan pada ulang tahun ke 59 tahun 2024 ini, Lemhanas RI mengambil tema reaktualisasi ketahanan nasional. Artinya, Lemhanas berharap ada kesamaan dalam hal cara pandang ketahanan nasional terhadap bangsa dan negara Indonesia. Saat ini, pihaknya tengah fokus tentang pemantapan nilai nilai kebangsaan bagi generasi muda agar tidak kehilangan arah terhadap bangsa dan negara.

Di tingkat nasional, Lemhanas juga melaksanakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan kepada anggota DPR dan DPD terpilih. Kami berharap ada kesamaan visi misi terkait keamanan nasional terhadap bangsa dan negara Indonesia. jelas pria yang murah senyum ini.

Sementara itu Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K menuturkan, dalam kegiatan ziarah rombongan Lemhanas ini, Polres Blitar Kota terjunkan 158 personel yang disiagakan untuk mengamankan kegiatan Lemhanas RI ziarah ke Makam Bung Karno (MBK).  Pengamanan ini meliputi pengamanan jalur yang dilalui rombongan maupun pengamanan di lokasi kegiatan.

Dengan adanya kegiatan ini AKBP Danang berharap kedepan Lemhanas semakin sukses dan melahirkan pemimpin bangsa yang akan membangun bangsa Indonesia semakin maju.

“Kami ucapkan selamat hari jadi lemhanas, semoga semakin sukses dan melahirkan pemimpin bangsa yang akan membangun bangsa Indonesia semakin maju,” tuturnya.

Perlu diketahui, kegiatan ziarah dari rombongan Lemhanas diawali dengan  upacara yang dipimpin Plt Gubernur Lemhanas RI, Letjen TNI Eko Mardiono di halaman Makam Bung Karno. Kemudian dilanjutkan dengan berdoa dan tabur bunga di pusara Bung Karno dan diakhiri dengan momen foto bersama.