Polsek Sanankulon – Dalam mempersiapkan Ponpes Tangguh Semeru guna cegah penyebaran Covid-19 di lembaga sekolah jelang tahun ajaran baru, personel Polsek Sanankulon yang dipimpin Kanit Sabhara Iptu Puji Winarsih melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar. Dimulai dengan membersihkan halaman dari rumput rumput hingga ruang kelas. Kamis, 25 Juli 2020. Pondok Pesantren Tangguh merupakan salahsatu terobosan dalam upaya cegah dan tangkal penyebaran covid di lingkungan lembaga sekolah.

Memasuki tatanan kehidupan normal yang baru, atau disebut dengan New Normal, kesiapan pondok pesantren dalam memulai proses belajar mengajar harus dipersiapkan betul mulai aspek keamanan, sosial hingga standart protokol kesehatan yang sudah ditentukan dalam menjalani pandemi ini. Terdapat fasilitas dapur umum, lumbung pangan, asrama santri, dan ruang isolasi di ponpes itu sebagai sarat utama sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Fasilitas dapur umum di ponpes itu berbeda dari biasanya. Petugas yang bertugas di dapur umum itu telah mendapatkan pelajaran tentang penerapan protokol Covid-19 selama memasak. Lumbung Pangan Ponpes memiliki stok pangan beras, mi instan, minuman dan masker. Ada juga Pos Kesehatan Pesantren.

Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa kegiatan krja bakti yang dilaksanakan oleh anggota adalah untuk mengawali dan memberikan motivasi guna terwujudnya Ponpes Tangguh yang sistematis dalam rangka penanggulangan covid di lembaga pendidikan. Dalam kegiatan kerja bakti tersebut juga diminta kepada para pengsuh yang nantinya membina dan mendidik santri agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Terutama, saat santri keluar area pesantren dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Sehingga kedisiplinan yang sudah terbangun di lingkungan ponpes akan terbawa saat berada di area publik dan menjadi contoh masyarakat lainnya. ungkap Kapolsek Sanankulon.