Giat acara manten kopi di perkebunan kopi Karanganyar Desa Modangan Kecamatan Nglegok

Seni budaya yang beragam membuat kerukunan warga lebih meningkat dan kuat. Lahan perkebunan kopi juga merupakan salah satu faktor untuk memperkuat perekonomian warga desa.

Menjelang masa panen, bebeberapa taradisi turun temurun dilaksanakan warga di sekitar perkebunan kopi Karanganyar Desa Modangan. Hal ini menjadikan daya tarik wisata untuk menarik warga agar berkunkung ke perkebunan kopi Karanganyar.

Minggu, 4 Juni 2023 dilaksanakan acara Manten Kopi di perkebunan Karanganyar Desa Modangan. Acara kali ini dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat. Serta langsung dihadiri oleh Kapolres Blitar Kota serta beberapa tokoh masyarakat. Warga yang hadir sekitar 50 orang.

Kegiatan Manten kopi merupakan prosesi upacara manten kopi antara kopi laki-laki dengan kopi perempuan di satukan menjadi satu kemudian dibawa ke pendopo untuk dilaksanakan ritual.

Selanjutnya di serahkan kepada Direktur Kebun Kopi, seterusnya diserahkan kepada Kepala Pabrik untuk menandai dimulainya Panen Raya.

Kegiatan tersebut diiringi hiburan seni karawitan, Kesenian Kuda Lumping & Tarian Tradisional. Dan berjalan aman dan tertib.