Rabu (20/09/2023) berlokasi di Balai Desa Bendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar dilaksanakan kegiatan Posyandu Orang dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) “Pranoto Jiwo”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Aipda Kukuh Setyawan, Bhabinkamtibmas Desa Bendo, Serka Markijan, Babinsa Desa Bendo, Kader Posyandu ODGJ Pranoto Jiwo dan Petugas Medis Puskesmas Ponggok

Pasien ODGJ kali ini berjumlah 14 orang, pasien ODGJ diberikan obat dan suntikan, Pemeriksaan tensi, BB dan kadar gula, serta pemotongan rambut dan kuku pasien ODGJ.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Bendo Aipda Kukuh bersama dengan Babinsa melaksanakan pendampingan kegiatan. Tujuannya agar Bhabinkamtibmas mengetahui kondisi dan situasi yang ada di wilayah Desa Binaannya.

Aipda Kukuh mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sebulan sekali sebagai wujud perhatian terhadap pasien ODGJ.

“Pasien ODGJ juga berhak mendapatkan perhatian dan pelayanan dari pemerintah dalam hal ini petugas kesehatan selain untuk menjaga kesehatan juga agar pasien dapat diketahui kondisinya sehingga tidak mengamuk dan meresahkan warga” ungkapnya.