Polsek Sukorejo – Sambang di warga binaan merupakan salah satu tugas pokok Bhabinkamtibmas untuk menyampaikan himbauan serta pesan-pesan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Sabtu 4 Juni 2022.

Sambang oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjungsari Polsek Sukorejo, Polres Blitar Kota, dimanfaatkan pula untuk memberikan himbauan terkait pencegahan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang pada hewan ternak.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjungsari, Bripka Suhadi mendatangi kandang sapi milik Bpk Soleh (peternak), warga Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, menjelaskan ciri-ciri hewan ternak yang terindikasi penyakit PMK.

“Sekarang ini sedang ada wabah penyakit mulut dan kuku. Ciri-cirinya mengeluarkan air liur berlebihan, masalah pada kaki dan kukunya terluka, nafsu makan berkurang. Jadi saya harap bapak selalu menjaga kebersihan kandang sapinya, jaga pola makan hewan agar tetap sehat, dan selalu patuhi protokol kesehatan,” jelas Bripka Suhadi selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sukorejo.

Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH saat dikonfirmasi mengatakan bahwa dengan menerjunkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sambang warga yang memiliki hewan ternak, utamanya di kawasan Kecamatan Sukorejo Kota Blitar.

“Bhabinkamtibmas sebagai salah satu ujung tombak Kepolisian dalam pembinaan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kami terus berupaya bagaimana masyarakat senantiasa mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah PMK ini,” ungkap Kapolsek.

Bhabinkamtibmas melakukan koordinasi dengan warga untuk memberikan penanganan dengan cepat bila menemui indikasi adanya PMK.

“Diharapkan selalu berkoordinasi bila ada indikasi PMK pada hewan ternak di lingkungan warga binaannya bisa langsung memberitahukan kepada perangkat Kelurahan Tanjungsari atau Lurah Tanjungsari, nantinya akan diteruskan kepada instansi terkait agar tidak menyebar ke hewan yang lain,” Ucap Kapolsek Sukorejo.