Untuk mengantisipasi terjadinya bencana dan tindakan mengambil langkah awal yang tepat untuk pencegahan pencegahan, anggota Polsek Udanawu terus melaksanakan tugas patroli pengawasan dan pemantauan area sungai di Desa-desa wilayah Udanawu. Selasa, 2 Mei 2023.

Melalui anggotanya Polsek Udanawu menggunakan mobile Backbone lakukan patroli pengecekan debit air di sungai-sungai besar wilayah Udanawu untuk memantau agar mendapatkan informasi tentang bahaya banjir apabila hujan deras turun. Karena ini perlu diantisipasi bersama dengan warga masyarakat sekitar. Terlihat petugas memantau dam Desa Mangunan yang memiliki bantaran cukup besar, apabila disini landai maka yang lain juga landai.

Pengecekan selain untuk menjadi bahan evaluasi tetapi juga untuk berkoordinasi dengan warga dan juga pemdes setempat agar tidak mengacuhkan hal ini, sebab bencana kita tidak tahu kapan akan terjadi namun pencegahan tetap dilakukan secara bersama-sama untuk memupuk rasa kebersamaan antara semua pihak. Dengan begitu semua akan berjalan dengan lancar.

Petugas dari Polsek Udanawu juga berpatroli di daerah laindi Desa lain yang dialiri arus air sungai , supaya lebih maksimal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Meskipun sebentar lagi akan mengalami peralihan musim namun beberapa hari ini masih tetap turun hujan, oleh karena itu kita tetap waspada akan segala sesuatu dengan tindakan pencegahan.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S. Sos “patroli di sungai-sungai melihat kondisi saat ini sangat perlu dilakukan mengingat hujan deras selalu turun di sore hari. Masyarakat dihimbau agar waspada terhadap lingkungan sekitar yang dilalui sungai, terus koordinasi dengan pemdes setempat.” Ujar Kapolsek Udanawu