Polres Blitar Kota semakin dekat dengan masyarakat baik di perkotaan maupun diwilayah kecamatan yang masuk wilayah hukum Polres Blitar Kota. Polres Blitar Kota dan jajarannya aktif berpatroli dan berbaur dengan masyarakat seperti halnya hari ini rabu tanggal 15 agustus 2018. Mendekati hari H perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia banyak terdapat giat masyarakat yang membutuhkan bantuan baik pengamanan maupun pengawalan. Polres Blitar Kota dan jajarannya selalu siap melayani dan membantu menyukseskan kegiatan masyarakat tersebut. 

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si melalui Kasubbag Humas Ipda Sjamsul Anwar menerangkan kegiatan masyarakat dalam merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia cukup banyak ragamnya dan waktu pelaksanaan juga tidak bersamaan. Contohnya kecamatan Nglegok siang ini ada kegiatan baris berbaris, kecamatan sanan kulon ada lomba panjat pinang yang semuanya dilakukan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai pelayan masyarakat kepolisian khususnya polres blitar kota dan jajarannya akan selalu siap membantu mengamankan. 

Setelah kegiatan pengamanan tidak lupa petugas kepolisian juga patroli tempat rawan serta dialogis bersama masyarakat untuk mengantipasi gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi serta meminimalisir potensi terjadinya gangguan kamtibmas. Dengan hadirnya petugas polri ditengah masyarakat diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan tercipta situasi kamtibmas yang aman dan nyaman.