Pada kali ini anggota Polsek Udanawu melaksanakan patroli di sungai-sungai besar area Kecamatan Udanawu guna memantau perkembangan ketinggian air. Karena memasuki awal tahun ini selalu hujan hampir setiap hari yang membuat sungai berair tinggi pada saat hujan. Oleh karena itu terus dipantau secara rutin untuk mencegah terjadinya bencana alam banjir. Kamis, 5 Januari 2023.

Banyak sekali keluhan masyarakat yang karena terjadi hujan deras di prediksi selalu air meluap. Padahal sungai-sungai di wilayah Udanawu masih cukup untuk menampung aliran deras saat hujan, sungai ini mengarah semua ke Brantas. Hadirnya polisi dari Polsek Udanawu setiap hari selalu melakukan pengecekan sungai untuk antisipasi bencana alam. Yang tujuannya adalah menjaga stabilitas keamanan wilayah Udanawu.

Di sungai Desa Ringinanom menjadi tujuan pertama. Memang alirannya sangat deras sekali namun masih dapat terkendali berkat bantaran sungai yang luas sehingga masih bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Namun tak boleh meremehkan, pada saat hujan deras kita tidak tahu apa yang akan terjadi oleh karena itu anggota Polsek Udanawu harus sering memantau perkembangan situasi.

Dengan kerjasama yang baik antara polisi dan masyarakat diharapkan dapat terjalinnya hubungan yang harmonis sehingga saat terjadi apapun dapat saling membantu satu sama lain dengan mudah. Seperti saat ini sosialisasi bencana alam perlu digalakkan mengingat hampir setiap hari hujan deras di wilayah Udanawu dan berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos “Patroli antisipasi bencana alam di wilayah Udanawu akan terus dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam tugas Kepolisian menjaga stabilitas keamanan wilayah Udanawu. Di seluruh sungai yang menghubung semua Desa perlu diperhatikan dalam menghadapi musim hujan. ” Ujar Kapolsek Udanawu