Polsek Sanankulon – Semakin tingginya potensi gangguan kamtibmas maupun kriminalitas menuntut anggota Polri untuk lebih sering terjun ke lapangan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas. Melalui patroli BlueLight, maka anggota akan nampak jelas keberadaannya saat dilapangan. Selain cegah gangguan kriminalitas, juga sebagai langkah antisipasi terhadap potensi lakalantas di sepanjang jalan raya.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas merupakan suatu situasi yang dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan. Rasa tentram, aman, dan damai merupakan situasi yang diharapkan oleh seluruh element masyarakat. Sesuai dengan peran dan tugasnya tersebut unit Sabhara merupakan lini terdepan Polri di kehidupan masyarakat dalam hal mencegah terjadinya gangguan kamtibmas maupun kriminalitas agar masyarakat dapat merasa aman dan tentram tanpa merasa hawatir sedikitpun. Sehingga masyarakat dapat melaksanakan aktifitasnya dan terhindar dari ancaman tindak kejahatan.

Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S, SH mengatakan bahwa fungsi Sabhara merupakan salah satu fungsi Kepolisian yang bersifat preventif yang merupakan fungsi yang dipersiapkan untuk dapat melakukan beberapa tugas pokok Polri dalam mencegah dan mengantisipasi potensi terjadinya kejahatan. Salahsatunya dengan metode patroli BlueLight ini, sehingga keberadaan petugas sebagai fungsi pencegahan atau preventif dapat dirasakan betul manfatnya oleh masyarakat luas. tutur Kapolsek Sanankulon.