Bulan Agustus ini banyak sekali kegiatan untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 78, salah satunya adalah jalan sehat dan juga lomba-lomba tujuhbelasan yang diikuti oleh anak-anak. Di wilayah Udanawu sendiri juga banyak Desa yang mengadakan acara oleh karena itu Polsek Udanawu selalu mengawal jalannya semua kegiatan. Minggu, 27 Agustus 2023.

Ada kegiatan jalan sehat dan pentas seni di Desa Jati Kec. Udanawu. Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting seperti Kapolsek, Danramil, Kepala Desa setempat, dll. Dan juga ribuan peserta dari Desa Jati dan sekitarnya yang ikut memeriahkan acara ini. Polsek Udanawu selaku pemangku keamanan juga turut hadir dalam hal pengamanan dan pengawasan ketertiban umum.

Karena banyak sekali warga masyarakat yang ikut serta jumlah hadiah menarik yang diperebutkan maka mengundang kedatangan masyarakat lebih banyak lagi. Maka Polsek Udanawu jadi lebih berperan penting untuk pengendalian keamanan di acara ini. Sebab kerawanan tentu saja muncul karena berkumpulnya orang-orang di satu tempat akan mengurangi pandangan kewaspadaan.

Untuk itu anggota Polsek Udanawu juga menghimbau melalui pengeras suara agar semua dapat menikmati acara saja dan hidangan yang disediakan tidak perlu melakukan hal yang tidak penting. Masyarakat juga sangat memahami, dan dapat mengikuti kegiatan hingga selesai dengan aman dan nyaman meskipun juga banyak anak kecil dalam jalan di Desa Jati.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Gawik Wahyuti, S.H. “masyarakat sangat senang dengan acara bulan Agustus, sangat ramai sekali di wilayah, untuk itu kami dari Polsek Udanawu akan memberikan penjagaan dan pengawalan kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan perayaan hari Besar nasional ini. ” Ujar Kapolsek Udanawu