Pada hari Senin tanggal 15 Nopember 2021 pukul 09.00 Wib telah dilaksanakan rapat koordinasi tentang penanganan dan pencegahan Covid-19 yang dilaksanakan di balai Desa Karanggondang Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Hadir dalam rapat tersebut Camat Udanawu Bapak Takdir Anggo Hanudji, Kepala Puskesmas Udanawu, Kapolsek Udanawu di wakili oleh Kanit Binmas Polsek Udanawu, Danramil Udanawu di wakili oleh Babinsa Desa Karanggondang dan seluruh Kepala Desa Se- kecamatan Udanawu.

Dalam rapat koordinasi tersebut membahas tentang penanganan dan pencegahan Covid-19 yang harus dilaksanakan yaitu dengan cara percepatan vaksinasi. Dengan di adakannya rapat ini di harapkan kerja samanya lintas sektor, untuk setiap kepala desa harus bisa mendorong warganya agar ikut vaksin yang di selenggarakan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Udanawu.

Para Kepala Desa dan perangkatnya harus bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa melaksanakan sosialisasi maupun ledang ke wilayahnya masing-masing, agar warga masyarakat mengetahui jadwal vaksinasi nya yang rencananya akan dilaksanakan secara mobiling dari desa ke desa. Selain ledang tentang jadwal Vaksin juga dilaksanakan ledang tentang penerapan protokol kesehatan 5M untuk mencegah Covid-19.

Harus ada edukasi akan pentingnya vaksinasi terutama pada usia lanjut usia atau Lansia mengingat usia lansia sangat rentan tertular Covid-19 apalagi yang mempunyai komorbit, mengingat vaksinasi ini sangat banyak manfaatnya diantaranya dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus Corona, dapat mengurangi resiko penularan Covid-19, Ketika tertular Covid-19 Vaksin dapat mencegah terjadinya gejala yang berat.

Setiap warga masyarakat yang akan di vaksin oleh petugas akan di screening dulu dan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, apabila tidak lolos pemeriksaan tidak dilakukan vaksin dan akan di jadwal ulang vaksinnya, dan apabila lolos pemeriksaan akan dilakukan vaksinasi. Untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan secara ketat dan teliti untuk menghindari resiko pasca vaksinasi.

Untuk itu warga masyarakat jangan takut ikut vaksin, vaksin aman dan halal. Karena semakin banyak yang vaksin akan semakin baik karena akan terbentuk herd immunity atau imunitas kelompok, sehingga dapat menangkal apabila ada serangan Covid-19.