Polres Blitar Kota mendirikan dapur umum dalam rangka membantu warga terdampak pandemi Virus COVID-19 di wilayah hukum Polres Blitar Kota hari Jum’at tanggal 17 April 2020. Kegiatan ini merupakan wujud nyata Polres Blitar Kota dan TNI dalam berkontribusi ikut meringankan beban warga masyarakat khususnya yang tidak mampu di kota Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP. Leonard M. Sinambela, S.H., S.I.K., M.H, mengatakan pelaksanaan kegiatan pendirian dapur umum TNI-POLRI untuk membantu masyarakat selama masa pandemi Covid-19 khususnya diwilayah kota Blitar.

Dampak pandemi Virus COVID-19 meruntuhkan perekonomian masyarakat khususnya warga yang kurang mampu. Melihat hal itu, Kapolres Blitar Kota AKBP. Leonard M. Sinambela, S.H., S.I.K., M.H bersama TNI-POLRI mendirikan dapur umum guna membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu.

Leonard menambahkan pendirian dapur umum serta pembagian masker ini difokuskan kepada masyarakat yang kurang mampu, pedagang kaki lima, tukang becak, dll. Diharapkan dengan adanya pembagian nasi serta masker ini dapat meringankan beban mereka.

Dapur Umum tersebut didirikan sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo yang mengatakan, agar segenap jajaran pemerintahan baik di Pusat maupun di daerah agar mendayagunakan seluruh kekuatan untuk penanganan COVID-19 baik di bidang kesehatan maupun dampak sosial serta dampak ekonomi yang timbul karena Virus COVID-19 ini.

Kegiatan pembagian nasi dan masker tersebut akan dilakukan setiap hari. Untuk bahannya didapatkan dari donatur para personil Polres Blitar Kota yang secara sukarela menyisihkan sebagian rejeki mereka untuk sekedar berbagi, juga dari masyarakat umum yang tergugah hatinya untuk berbagi.