Menjelang lebaran yang semakin dekat, arus kendaraan bermotor tampak lebih padat baik siang maupun malam. Aparat kepolisian bersama Tim Gugus Tugas Covid-19 memperketat pengamanan di Post Check Point di wilayah perbatasan Kabupaten Blitar dengan daerah luar hari Kamis tanggal 21 Mei 2020. Petugas tidak pandang bulu, seluruh pengemudi kendaraan R2 dan R4 yang akan melintasi perbatasan diperiksa kesehatannya.

Pos Check Point diperketat untuk pengecekan kesehatannya mulai H-5 Hari Raya Idul Fitri. Beberapa di antaranya pos Check Point di desa Gandekan kecamatan Wonodadi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tulungagung. Serta pos Check Point di pasar Patok desa Sidorejo kecamatan Ponggok yang berbatasan langsung dengan Kediri.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela, SH, SIK, MH yang turun langsung dalam pengecekan mengungkapkan, Kita perketat untuk antisipasi penyebaran Covid-19. Sasaran utama kita penumpang luar kota yang masuk wilayah Blitar. dalam menjalankan pengawasan hingga saat ini pihaknya belum menemukan kendaraan bernomor polisi luar kota yang hendak masuk wilayah Blitar. Namun demikian, kendaraan bernomor polisi dalam kota yang hendak melintasi perbatasan tetap diwajibkan melakukan pemeriksaan.

Leonard menambahkan seluruh pengendara dan penumpang yang masuk wilayah Blitar wajib menjalani tes suhu tubuh juga didata identitas asal dan daerah tujuan mau kemana. Setelah diperiksa, diberikan edukasi kepada pengendara dan penumpang untuk mengikuti imbauan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.