Mengingat di Desa Jati ada penyisihan anggaran yang ditujukan untuk warga kurang mampu untuk meningkatkan daya kemampuan taraf hidup maka sesuai arahan Presiden Jokowi untuk melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, yang dimana setiap orang yang direkomendasikan oleh RT/RW berdasarkan kemampuan hidup mendapatkan haknya. Kamis, 11 Mei 2023.

Bertempat di Desa Jati, sedang melaksanakan patroli sekalian untuk menghadiri acara menyalurkan Dana Desa kepada warga masyarakat Desa Jati. Sebelumnya sudah dipilih sebanyak 45 orang penerima untuk diundang di Balai Desa Jati Kec. Udanawu. Maka perangkat Desa selaku tuan rumah turut menyiapkan sedemikian rupa bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, dalam hal ini Bhabinkamtibmas diwakili PS. Kanit Binmas Polsek Udanawu Aipda Sunanto, S.H .

 

Oleh karena itu 45 orang ini diberikan sambutan oleh kepala Desa jati yang amannya adalah keterbukaan dari Pemdes dalam hal keuangan akan disampaikan secara terbuka. Serta keamanan wilayah Desa Jati dimana Aipda Sunanto menjelaskan bahwa masyarakat harus berperan aktif dalam mencegah segala sesuatu yang menimbulkan kerawanan sosial. Masyarakat hanya paham apa yang bisa dijelaskan, kedepan semoga masih ada lagi bantuan Tunai seperti ini.

 

Memang hanya 45 orang saja, lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu karena pos anggaran juga diberikan untuk program yang lain jadi harus ditata dengan baik lagi. Bantuan langsung tunai Dana Desa ini semuanya datang tanpa diwakili, jadi Alhamdulillah sudah habis semua pengambil hak untuk hari ini. Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Jati akan terus berada di setiap kegiatan masyarakat supaya masyarakat lebih mengenal aktif petugas keamanan yang melekat di masyarakat.

 

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S. Sos “kehadiran polisi/Bhabinkamtibmas di Desa merupakan kewajiban bagi polisi masyarakat. Untu itu kegiatan apapun itu Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan terus bersama termasuk kegiatan penyaluran BLT-DD ini. ” Ujar Kapolsek Udanawu