Selaku anggota Polri giat sambang dan dialogis merupakan giat preventif untuk memelihara Kamtibmas. Blitar ( 11/01/2019 )

Bhabinkamtibmas merupakan salah satu ujung tombak kepolisian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat guna menciptakan suasana yang aman dan kondusif, Keberadaan Bhabinkamtibmas harus berperan aktif di desa binaannya untuk mengetahui situasi kamtibmas yang terjadi di desa tersebut.

Berkaitan dengan hal tersebut, guna mewujudkan kinerja Polri dan segaris dengan kamtibmas yang telah terbina / terjaga ditengah lingkungan masyarakat saat ini, Bhabinkamtibmas Polsek Udanawu, khususnya Bhabinkamtibmas Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar, Brigadir Hardian Pradana anggota Polsek Udanawu Polres Blitar Kota, melaksanakan giat sambang dan dialogis dengan perangkat Desa Bakung. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan kepolisian dengan masyarakat Udanawu, khususnya dengan perangkat desa. Dikandung maksud agar kedua pihak tersebut dalam hal ini Bhabinkamtibmas dan perangkat desa, tetap terjaga kekompakan serta kesolitannya, dalam melakukan pelayanan yang prima kepada warga masyarakat. Karena anggota Babinkamtibmas dan perangkat desa adalah ujung tombak keberhasilan terciptanya kamtibmas dilingkungannya.

Serta tidak lupa, Bhabinkamtibmas desa Bakung Brigadir Hardian Pradana menyampaikan pesan-pesan dialogis, terkait dengan antisipasi dan persiapan dalam menjelang pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden, serta pemilu legislatif, yang tahun 2019 ini akan dilaksanakan serentak.

Disisi lain, Brigadir Hardian Pradana selaku Bhabinkamtibmas Desa Bakung juga mengajak perangkat desa dan warga masyarakat untuk tetap selalu waspada akan adanya bencana alam yang tidak terduga mengingat musim atau cuaca akhir-akhir ini yang tidak menentu. Diantara pesan-pesan tersebut adalah salah satunya yaitu, pesan kepada perangkat desa dan warga masyarakat, untuk dapatnya dalam waktu dekat mengagendakan kerja bakti, guna antisipasi adanya pohon tumbang, dengan memangkas dahan-dahan pohon yang dinilai perlu dipangkas atau dipotong, serta membersihkan gorong-gorong saluran air yang tersumbat oleh sampah maupun benda lainnya. Sehingga bila hujan deras datang, terlebih bila ada angin kencang, tidak ada atau setidaknya meminimalisir terjadinya pohon tumbang yang dapat mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, begitu pula banjir dapat teratasi dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas menghimbau agar selalu menjaga kerukunan antar warga serta berperan aktif dalam menjaga situasi Kamtibmas, dimulai dari sekitar rumah masing-masing, dan berkembang lebih luas kemasyarakatan sekitarnya.

Kapolsek Udanawu Polres Blitar Kota AKP Wahyu Satrio W menuturkan Kegiatan sambang dan himbauan Kamtibmas secara kontinyu yang berkesinambungan dapat mencegah terjadinya gangguan kamtibmas serta terjalinnya hubungan yang erat antara Polri dengan masyarakat