Polres Blitar Kota mendapat laporan penemuan jasad bayi berjenis kelamin laki-laki yang ditemukan tak bernyawa di sebuah kamar di Jalan Palem, Kelurahan Rembang, Kota Blitar pada hari Rabu tanggal 24 April 2019 sore.

Atas kejadian ini kemudian pihak keluarga menghubungi pihak kepolisian. Polisi yang datang ke tempat kejadian perkara langsung mengevakuasi jasad bayi ke kamar mayat RSUD Mardi Waluyo. Dilanjutkan dengan olah TKP. Dalam olah TKP ditemukan gunting serta kain dengan bercak darah.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar S.I.K M.Si didampingi Kasat Reskrim AKP Heri Sugiono SH. MH mengatakan penemuan bayi dalam kondisi tak bernyawa ini berawal dari laporan saudara Niken, ibu yang melahirkan si jabang bayi. Jadi kemarin ada temuan bayi dalam kondisi sudah meninggal dunia pada hari Rabu tanggal 24 April 2019 kemarin sekitar pukul 17.00 Wib.

Dalam konfirmasinya kepada media Kapolres Adewira menjelaskan penemuan jasad bayi ini berawal saat Niken yang sedang hamil 8 bulan mengeluh sakit perut. Karena air ketuban sudah terlihat pecah, Niken kemudian dibawa ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Hal aneh ditemukan saat diperiksa petugas medis, di dalam perut Niken sudah tidak ada bayinya. Kemudian petugas medis meminta keluarga mengecek kamar Niken.
Ternyata di kamar yang bersangkutan ditemukan bayi laki-laki dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Sementara dari keterangan keluarga, Niken tidak mengalami gangguan jiwa. Namun Niken memang stres setelah menjanda karena ditinggal suaminya.

Jasad bayi yang diduga jadi korban pembunuhan ini kemudian diotopsi. Satreskrim Polres Blitar Kota dengan mendatangkan dokter forensik RS Bhayangkara untuk melakukan otopsi terhadap jasad bayi di RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar pada hari Kamis tanggal 25 April 2019 pagi.

Ditambahkan, Satreskrim Polres Blitar Kota sudah melakukan upaya penyelidikan, memintai keterangan sejumlah saksi dan melakukan otopsi terhadap jasad bayi. Diduga ada kekerasan terhadap jasad bayi sebelum meninggal. Hingga saat ini saksi yang diperiksa merupakan orang-orang terdekat dan yang mengetahui kejadian tersebut. Sementara ibu bayi belum bisa dimintai keterangan karena masih dalam kondisi lemah dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Ibunya kondisinya belum bisa dimintai keterangan kondisinya masih lemah dan masih menjalani perawatan. Terkait penyebab pasti kematian korban kita tunggu hasil otopsi tutup Adewira.