Polsek Sanankulon – Anggota Polsek Sanankulon yang dipimpin Kanit Binmas Aiptu Sutomo melaksanakan kegiatan operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat. Minggu (21/3). Kegiatan ini bertujuan untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Dengan Hunting sistem atau sembari melaksanakan patroli kewilayahan, kegiatan pendisiplinan ini menyasar masyarakat yang kedapatan tidak menggunakan masker diruang publik.

“Jadi, orang-orang yang kedapatan tidak memakai masker itu dikenakan pendataan terlebih dahulu kemudian diberi tuguran baik lisan maupun tertulis hingga tindakan fisik. Sanksi kami berikan dari ringan seperti teguran tertulis, lisan, hingga administrasi atau sidang tindak pidana ringan/Tipiring”. ungkap Kanit Binmas saat memimpin kegiatan Yustisi secara hunting.

Saat sekarang pandemi Covid-19 belum berakhir. Kampanye penggunaan masker penutup hidung dan mulut gencar dilaksanakan. Penelitian ilmiah membuktikan, memakai masker bermanfaat sangat besar untuk mencegah penularan virus corona. Mengenakan masker ternyata tidak hanya melindungi pemakainya dan orang di sekitarnya dari ancaman Covid-19, tetapi masyarakat secara luas. Artinya, penyebaran virus ini dapat dikendalikan ketika semua orang benar-benar konsisten untuk memakai masker saat sedang beraktifitas.

Terpisah Kapolsek Sanankulon AKP Wahono mengatakan bahwa tujuannya adalah agar masyarakat di Kecamatan Sanankulon bisa terhindar dari virus Covid-19. Selain itu, disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan harus tetap dilakukan. “Kami juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dan  mengkonsumsi makanan sehat” ungkap Kapolsek.