Di Indonesia mulai muncul virus mematikan bagi hewan ternak . Mulai merebahnya virus hewan mulut dan kaki pada ternak seperti sapi dan kambing di Indonesia membuat para peternak sangat resah karena memang sapi merupakan hewan yang mahal. Untuk itu Polsek Udanawu datang langsung ke kandang untuk melakukan penyemprotan antisipasi virus mulut dan kaki di Wilayah Udanawu dengan didampingi perangkat Desa setempat. Sabtu, 14 Mei 2022.

 

Dengan dipimpin PS. Kanit PROVOS Aiptu Netran beserta  3 personil lainnya mendatangi Desa Karanggondang yang terdapat banyak sekali peternak sapi, anggota Polsek Udanawu terlebih dahulu ke kamituwo untuk berkoordinasi mempersiapkan peralatan dan lain sebagainya. Kemudian berangkat ke salah satu pemilik kandang di Desa Karanggondang untuk meminta izin melakukan penyemprotan, di rumah pak Izam memiliki sekitar 20 ekor sapi dewasa dan pedet, kami melakukan penyemprotan dengan sangat hati-hati karena supaya sapi tidak terganggu dengan air maka perlu kehati-hatian.

Dengan penuh seksama anggota Polsek Udanawu juga memberikan edukasi tentang ciri-ciri hewan yang sudah terserang penyakit mulut dan kaki, memang bagi manusia tidak akan terlular namun bagi peternak kesehatan hewan miliknya sangat penting karena merupakan sumber penghasilan dan mata pencaharian yang digantungkan setiap harinya.

Kedepan Polsek Udanawu akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan pemdes setempat untuk melakukan rutinitas pengecekan hewan ternak di wilayah Udanawu, tujuan kami adalah untuk membantu masyarakat agar tidak panik dan hewan ternak miliknya terjaga dengan baik. Oleh karena itu dokter-dokter hewan di Udanawu perlu bersiaga bila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh masyarakat.  Pada hewan milik Pak Izam terpantau semuanya sehat dan gemuk-gemuk menandakan baik-baik saja tidak ada ciri-ciri terkena virus.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos saat ditemui “kasus penyakit mulut dan kaki pada hewan di wilayah memang belum ada, namun kami akan tetap memberikan penanggulangan dan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pelaksanaan tugas, sebab masyarakat perlu diperhatikan dalam hal kesehatan hewan miliknya” ujar Kapolsek Udanawu

Mulai dengan ini penanggulangan penyakit mulut dan kaki akan menjadi tugas sehari-hari di Kepolisian dalam rangka membantu masyarakat khususnya peternak hewan.