Pada hari Kamis tanggal 3 Maret 2022 Polsek Udanawu menerima adanya laporan bahwa ada pasien Covid-19 meninggal di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar pada pukul 04.00 WIB dengan status positif Covid-19. Dengan sigap personil siaga Polsek Udanawu langsung meluncur ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar pada bagian pemulasaran jenazah untuk melakukan pengawalan hingga ke lokasi pemakaman di Desa Bendorejo Udanawu.

Pengawalan mulai dari RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar dengan mobile patroli Polsek Udanawu bersama mobil jenazah yang dibawa dua orang dari RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar dilaksanakan agar lancarnya perjalanan jenazah menuju tempat pemakaman, sesuai permintaan pihak keluarga bahwa jenazah akan dimakamkan di TPU Desa Bendorejo kec. Udanawu. Meskipun alamat KTP jenazah ada di wilayah Kec. Ponggok Kab. Blitar.

Dengan pengawalan ini bisa lebih cepat ke lokasi sudah disiapkan malam oleh warga setempat sesuai dengan protokol kesehatan masker, hasmat, sepatu boot, kacamata dan penyemprotan desinfektan pada lokasi pemakaman. Di lokasi pemakaman Desa Bendorejo jenazah dilakukan sholat jenazah dahulu oleh petugas, kemudian dimulailah pemakaman sesuai protokol kesehatan.

Dibantu oleh warga masyaraat setempat prosesi pemakaman berjalan dengan lancar dengan arahan petugas dari UPT Puskesmas Udanawu yang turut mengawali hingga mengakhiri pemakaman. Keluarga dan warga masyarakat yang lain memantau dari jauh supaya tidak berjubel di lokasi dan karena supaya tidak berkerumun. Meskipun berpanasan namun warga banyak yang menyaksikan pemakaman karena alasan solidaritas warga, petugas Polsek Udanawu menghimbau kepada penta’ziah untuk senantiasa menerapkan prokes di saat pemakaman.

Ditempat tempat terpisah Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos menjelaskan” Polsek Udanawu senantiasa selalu mengawal dan mengamankan pemakaman Covid-19 kepada warga wilayah Kecamatan Udanawu, hadir untuk memberikan layanan yang baik dan berjalannya prosesi yang lancar.” Terangnya saat ditemui. Agar pihak keluarga yang ditinggalkan bisa aman dan nyaman serta tidak ada penolakan dari warga setempat

Warga masyarakat yang di lokasi pun sudah memaklumi kondisi yang ada saat ini, karena pandemi jadi bisa dilakukan pemakaman seperti pada umumnya. Bahkan yang datang ke lokasi pemakaman juga sudah memakai masker dan mencuci tangan di lokasi. Mudah-mudahan hal seperti ini terus terjaga dan diharapkan kesadaran masyarakat terhadap Protokol kesehatan.