Memasuki musim penghujan, sangat rawan terjadinya kecelakaan karena jalan menjadi licin, bahkan jarak pandang dapat terganggu jika terjadi hujan yang sangat deras. Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan pada situasi hujan gerimis, anggota Polsek Udanawu melaksanakan patroli Blue light di sepanjang jalan Raya Blitar – Kediri.

Kegiatan patroli ini di laksanakan oleh Aipda Roni, Bripka Pradana dan Brigadir Ra’uuf. Patroli Blue Light ini selain mengantisipasi laka lantas waktu hujan, terutama di tempat rawan terjadinya laka lantas, mengingat jalan licin dan dalam keadaan gelap. Juga sebagai antisipasi dan mencegah aksi balap liar, terlebih jalanan yang mulai sepi saat dini hari.

Dengan hadirnya Polisi di dalam patroli blue light ini sangat efektif sekali dalam pencegahan terjadinya laka lantas, petugas saat berhenti telah menyalakan lampu rotator warna biru dan petugas juga menyalakan senter lampu merah dengan menggerakkan lampu merah sebagai isyarat bagi pengendara agar berhati hati dan mengurangi kecepatan laju kendaraan.

Patroli Blue Light ini selain untuk mencegah terjadinya laka lantas juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya kejahatan perampasan atau begal sepeda motor di jalan, mengingat selesai hujan biasanya situasi sepi dan gelap.