Polres Blitar Kota menggelar Latihan Pra Operasi Keselamatan Semeru dalam rangka Cipta Kondisi Menjelang Idul Fitri Tahun 2021 dan pencegahan Covid-19 di wilayah Hukum Polres Blitar Kota, Jumat, (09/04), di Gedung Patriatama Mapolres Blitar Kota.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si melalui Kompol Hari Sutrisno, Kabag Ops menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2021 bertujuan untuk pemeliharaan keamanan lalu lintas yang mengedepankan preemtif dan preventif dalam rangka mendukung program pemerintah terkait pembatasan berskala besar guna penanggulangan Covid-19.

“Perlu diketahui bersama bahwa menjelang bulan suci Ramadhan dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H perlu dilaksanakan cipta kondisi dalam rangka pembatasan pelaksanaan kegiatan mudik pada saat lebaran,” ucapnya.

Menurutnya, Polri tidak diperbolehkan untuk melarang masyarakat untuk mudik namun diharapkan Polri mengimbau sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat “Kepada masyarakat Blitar yang memiliki keluarga di luar kota untuk tidak mudik demi memutus rantai penyebaran Virus Corona,” sebutnya.

Mengingat kondisi saat ini para personel juga harus menyiapkan kondisi badan maupun kesehatan supaya selalu dalam keadaan baik dan sehat. “Semoga dalam pelaksanaan operasi keselamatan Semeru 2021 dapat dilaksanakan dengan baik tanpa ada kendala apapun,” harap Hari.

Lebih dalam menjelaskan, ia menyampaikan sasaran dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2021 meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat mengakibatkan penularan virus corona.

Adapun targetnya adalah meliputi orang, lokasi dan kegiaan yang mengedepankan preemtif dan preeventif serta penegakan hukum  dengan segala prioritas.

“Sedangkan target khusus kegiatan yang mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona, dan meningkatkan  kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta jaga jarak,” pungkasnya.