Dengan banyaknya hewan terserang PMK tentu instansi terkait akan  berupaya mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di wilayah Udanawu dengan cara penyemprotan disinfektan langsung ke kandang sapi. Keluhan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan hewan membuat Polsek Udanawu terketuk untuk membantu memberantas PMK yang saat ini menyerang di Indonesia. Senin, 23 Mei 2022.

 

 

 

 

Bhabinkamtibmas Desa Tunjung Briptu Ra’uuf Al Kabiir bersama pendamping Desa Tunjung sekira pukul 11.00 WIB melaksanakan penyemprotan disinfektan di sebuah kandang sapi milik salah seorang warga Desa Tunjung yang memiliki sapi berjumlah 9 ekor. Dengan berbekal alat sprayer dan disinfektan menuju ke lokasi dengan meminta izin pemilik untuk melaksanakan kegiatan. Pemilik atas nama Erwan mengaku saat ini sapi-sapi miliknya terlihat sehat-sehat saja, namun kita tidak tahu bagaimana apakah sudah terserang virus atau belum. Tapi penyemprotan tetap dilaksanakan.

 

Alhamdulillah dengan berjalannya kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar dapat beternak tanpa rasa khawatir akan keadaan hewan ternaknya. Bhabinkamtibmas Desa Tunjung memberikan sosialisasi kepada warga agar tidak panik karena penyakit ini tidak menular ke manusia, namun dari hewan ke hewan lainnya. Untuk itu peran serta warga adalah memantau dan melaporkan keluar masuknya hewan ternak dalam jumlah tertentu, dan mengabarkan kepada petugas bila hewan ternak mengalami gejala sakit. Apabila ada hewan yang sakit agar di isolasi atau dipisahkan dari hewan lainnya dan tidak dipindahkan sampai proses pengobatan dan pemulihan selesai.

 

Polsek Udanawu akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar mencukupi kebutuhan vitamin untuk hewan supaya dapat meningkatkan imun hewan baik. Pemilik kandang sangat mengapresiasi upaya dari petugas Polsek Udanawu yang sudah berkunjung melakukan penyemprotan dengan baik, harapan kedepan supaya hewan miliknya sehat dan dapat berkembang biak atau dapat diperjualbelikan.

 

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos “Polsek Udanawu akan mengawal proses penanggulangan PMK di wilayah Udanawu bersama dengan instansi terkait agar semua pemilik hewan ternak tidak khawatir akan kesehatan hewan miliknya, Bhabinkamtibmas akan bertugas di lapangan dalam memantau perkembangan hewan di wilayah Udanawu” terang Kapolsek Udanawu.