Polres Blitar Kota – Personil polsek ponggok melaksanakan pengamanan kegiatan masyarakat ritual tiban yang diadakan oleh warga Desa Gembongan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Rabu (19/09).

Ritual tiban merupakan salah satu tarian tradisional sebagai budaya asli Indonesia yang merupakan pertunjukan warga masyarakat yang masih dilestarikan mengingat setiap ada pertunjukan seperti tarian tiban masyarakat sangat antusias untuk menyaksikan mulai dari anak-anak remaja sampai orang tuapun tidak ketinggalan untuk menyaksikan secara langsung tarian tiban yang digelar warga masyarakat Desa Gembongan.

Menurut warga Desa Gembongan tiban merupakan tarian tradisional yang turun temurun dan menjadi bagian dari kebudayaan warga masyarakat Jawa Timur khususnya di wilayah Blitar, Kediri, Trenggalek, Tulungagung dan biasanya ritual tiban dipertunjukkan pada saat musim kemarau. Tarian tiban merupakan sebuah permintaan permohonan kepada yang maha kuasa berharap untuk diturunkanya hujan, untuk menjaga keseimbangan alam.

Kapolsek ponggok AKP MUJIANTA, S.H melalui Kasi humas Polsek ponggok, kegiatan warga masyarakat seperti ritual tiban atau kegiatan lainya yang berada diwilayah hukum Polsek Ponggok kami akan selalu berikan pengaman dengan tujuan untuk melakukan pencegahan dan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, tuturnya.

Dalam pengamanan tarian tiban tersebut petugas juga menyampaikan himbauan Kamtibmas kepada pengunjung/penonton yang memarkir kendaraanya di pinggir jalan untuk memastikan kendaraanya sudah terkunci ganda dan jangan menyimpan barang-barang berharga di bawah jok, karena menyimpan barang berharga dibawah jok bisa memudahkan para pelaku tindak kejahatan untuk melakukan aksinya.

(Hms/aluk)