Dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) aman kondusif menjelang Bulan Ramadhan tahun 1442 H atau tahun 2021 M, wilayah Rayon Polres Blitar Kota mengadakan Forum Grup Diskusi bersama dengan Ketua MUI dan Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar, Selasa (06/04).

Kegiatan itu dilaksanakan oleh polisi wilayah Rayon Polres Blitar Kota yang meliputi Polsek Kepanjen Kidul, Polsek Sukorejo dan Polsek Sananwetan, bertempat di Gedung Patriatama Mapolres Blitar Kota.

Dalam sambutannya, Kapolres Blitar Kota, AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan, S.I.K.,M.Si mengatakan, dengan diadakannya FGD ini diharapkan seluruh anggota dapat lebih memahami peran dan fungsi saat menjaga maupun mengamankan Sitkamtibmas pada Bulan Ramadhan yang akan datang.

“Dengan ini, kita akan saling mengerti apa dan bagaimana cara menyikapi kondisi masyarakat pada saat berada di Bulan Ramadhan,” katanya.

Ia memberikan pesan kepada seluruh anggotanya untuk secara serius mengamati dan memahami jalannya FGD dan tidak sungkan untuk mendiskusikan sesuatu hal yang dirasa belum jelas.

Kegiatan kemudian dilanjut dengan pemberian materi oleh ketua MUI Kota Blitar, K.H Subakir, ia menjelaskan tentang peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 serta cipta kondisi Kamtibmas pada Bulan Ramadhan.

“Bulan Ramadhan adalah bulan sucinya Umat Islam, oleh karenanya harus ada sinergitas antara aparat dengan tokoh agama maupun masyarakat untuk menjaga wilayah tetap kondusif tanpa adanya gangguan,” katanya.