Permasalahan di masyarakat adalah lingkungan yang kurang aman ketika ditinggalkan liburan. Tentunya hal ini membuat lingkungan menjadi sepi dan menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan yang tertarik melihat rumah yang kosong ataupun sepi penghuni. Sehingga Polsek Udanawu hadir di tengah lingkungan Desa untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas. Minggu, 8 Januari 2023.

Pemukiman penduduk dan persawahan menjadi fokus bagi Kepolisian dalam mencegah segala sesuatu yang merugikan orang lain maupun banyak orang. Mulai siang hari pukul 12.00 WIB patroli digalakkan ke area rumah-rumah warga Desa Slemanan dan Desa Sukorejo yang banyak penduduknya. Dengan patroli ini diharapkan dapat membantu masyarakat apabila menemui gangguan keamanan.

 

Di Desa Slemanan terpantau situasinya sepi dan tetap ada kendaraan yang lewat jalan Desa, polisi menghimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan kondisi seperti rumah dan waktu. Karena di saat siang seperti ini tinggal bertemunya niat dan kesempatan maka kejadian akan terjadi. Begitu arahan polisi, maka masyarakat harus siap melaporkan apabila terjadi sesuatu kepada polisi yang melaksanakan tugas pada saat itu.

 

Hingga sore hari pun masih aman dan tertib situasi di Desa, dan masyarakatnya tenang saat polisi lewat depan rumah warga. Dan patroli pun dilanjutkan ke tempat lain yang rawan akan pencurian maupun kekerasan. Dengan patroli seperti ini mudah-mudahan situasi wilayah Udanawu bisa landai dan aman untuk ditinggali oleh masyarakat.

 

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos saat ditemui “penjagaan wilayah Udanawu Haris terus ditegakkan dengan baik sebab mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal itu dilaksanakan dengan serius supaya masyarakat dapat beraktivitas sebagaimana mestinya.” Ujar Kapolsek Udanawu