Polsek Udanawu – Tahapan pemilu 2024 terus berjalan, panitia pemilihan kecamatan Udanawu melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilih Potensial Bersama Gapoktan Kecamatan Udanawu Pada Penyelenggaraan Pemilu 2024, yang di selenggarakan di pendopo Kecamatan Udanawu. Jum’at, 14 Juli 2023.

Kegiatan sosialisasi tersebut di hadiri oleh Muspika Kecamatan Udanawu, Kapolsek Udanawu Akp. Gawik Wahyuti S.H. hadir secara langsung bersama dengan Camat Udanawu Dan Danramil Udanawu. Dalam sosialisasi ini dihadiri oleh Panwaslu Kecamatan Udanawu, PPK Udanawu, kelompok masyarakat undangan dari panitia pemilihan kecamatan Udanawu kurang lebih 40 orang.

 

“Pengawasan partisipatif adalah aktivitas memastikan proses tahapan-tahapan Pemilu dengan cara mengumpulkan data, informasi serta menginventarisasi temuan kasus terkait pelaksanaan Pemilu yang dilakukan oleh kelompok masyarakat atau organisasi yang independen dan non-partisan.”

 

Pengawasan partisipatif bertujuan untuk terselenggaranya proses pemilihan yang jujur, adil, bersih dan transparan serta hasilnya bisa diterima oleh semua pihak baik peserta Pemilu maupun masyarakat secara luas.

 

Bentuk pengawasan partisipatif diantaranya Tidak melakukan keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan Peserta Pemilu, Tidak mengganggu proses penyelenggaraan tahapan Pemilu, Bertujuan meningkatkan partisipasi politik masyarakat secara luas dan Mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi Penyelenggaraan Pemilu yang aman, damai, tertib, dan lancar.

 

Saat ditemui Kapolsek Udanawu Akp. Gawik Wahyuti S.H. mengatakan bahwa kami dari Polsek Udanawu Siap mengawal tahapan – tahapan pemilu 2024 khususnya di wilayah Udanawu sampai dengan pelaksanaan pemilu 2024 berjalan dengan aman kondusif, diharapkan warga masyarakat Udanawu dapat berpartisipasi dengan ikut serta mengawasi pelaksanaan pemilu serta menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang sesuai dengan pilihan masing masing tanpa ada paksaan dari manapun, dan menjunjung tinggi rasa toleransi dan saling menghargai. “Pungkas Kapolsek”.