Pada hari Minggu, tanggal 22 Mei 2022 Kapolsek Udanawu Akp Anjun Sudaryanto S.Sos., bersama anggota Polsek Udanawu giat melaksanakan pengamanan Sekaligus Pemantauan vaksinasi Covid-19 di Balai Desa Mangunan Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar.

Untuk vaksinasi ini di selenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan tenaga kesehatan Puskesmas Udanawu. Untuk peserta vaksinasi tersebut adalah semua warga masyarakat umum baik dosis 1, dosis 2 maupun Booster.

Bagi peserta vaksinasi harus mematuhi protokol kesehatan, yaitu peserta wajib memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak bergerombol. Sebelum dilakukan vaksinasi peserta akan dilakukan pemeriksaan kesehatannya, untuk menentukan apakah bisa dilakukan vaksinasi apa tidak. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal hal yang tidak di inginkan.

Giat vaksinasi ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah yaitu percepatan vaksinasi kepada warga masyarakat Indonesia, semakin cepat akan semakin cepat pula penanganan Covid-19, karena dengan vaksin dapat membentuk herd immunity. Sehingga dapat memutus mata rantai Covid-19, akan tetapi tetap waspada jangan sampai terlena, walaupun sudah vaksin tetap patuhi Protokol kesehatan.

Untuk manfaat Vaksin Covid-19 banyak sekali di antaranya dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus Corona, dapat mengurangi resiko penularan Covid-19, Ketika tertular Covid-19 Vaksin dapat mencegah terjadinya gejala yang berat dan dengan Vaksin akan mencapai imunitas kelompok atau herd immunity. Diharapkan dengan adanya vaksinasi ini dapat mempercepat penanggulangan virus Corona atau Covid-19 di Indonesia tercinta ini. Sehingga Indonesia bisa bebas dari pandemi Covid-19.

Saat di temui Kapolsek Udanawu Akp. Anjun Sudaryanto S.Sos., mengatakan bahwa kami dari Polsek Udanawu siap mengamankan kegiatan vaksinasi, karena kegiatan tersebut adalah program dari pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan Covid-19. Memang sekarang ini pemerintah sudah melonggarkan warga masyarakat dalam pemakaian masker, akan tetapi tetap di himbau untuk para lansia yang rentan dan punya komorbit agar tetap memakai masker dan di ruang tertutup serta kendaraan umum di himbau agar tetap memakai masker. Hal ini adalah upaya pencegahan Covid-19. Upaya pencegahan itu lebih baik daripada pengobatannya. “Pungkas Kapolsek”.