Tahap inti Pilkada Kota Blitar telah dilewati yaitu tahap pencoblosan. Tingkat partisipasi masyarakat di Pilwali Blitar 2020 melebihi target nasional. KPU Kota Blitar memprediksi, tingkat partisipasi masyarakat di Pilwali Blitar 2020 mencapai 79 persen. Sedang target nasional, tingkat partisipasi masyarakat di Pilkada Serentak 2020 hanya 77,5 persen.

Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengatakan, secara resmi belum tahu tingkat partisipasi masyarakat di Pilwali Blitar 2020. Sebab, KPU masih menunggu hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan dan kota. Tetapi, berdasarkan tingkat kehadiran pemilihan di tiap TPS rata-rata di atas 70 persen.

Di lain pihak, Kapolres Blitar Kota hari Jum’at tanggal 11 Desember 2020 mengatakan, berdasarkan rekapitulasi yang didapat dari data di TPS petugas pengamanan Polres Blitar Kota menyebutkan tingkat partisipasi masyarakat di Pilwali Blitar 2020 mencapai 79,20 persen. Sesuai data itu, tingkat partisipasi masyarakat di Pilwali Blitar melebihi target nasional.

Selain itu, Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M. Sinambela mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas partisipasinya dan ketaatan protokol kesehatan dimana tidak terdapat laporan pelanggaran protokol kesehatan selama pelaksanaan kegiatan pencoblosan.