Kota Blitar – Polres Blitar Kota kembali hadir mendatangi langsung masyarakat untuk menyerap aspirasi maupun mendengarkan keluhan masyarakat melalui program inovasi terpusat “Jum’at Curhat”. Kegiatan Jum’at Curhat kali ini dilaksanakan di Omah Rembug kelurahan Gedog kecamatan Sananwetan. Jum’at (26/05/2023).

Jum’at Curhat kali ini didatangi Wakapolres Blitar Kota Kompol Yoyok Dwi Purnomo didampingi PJU Polres Blitar Kota dan Kapolsek Sananwetan dan Danramil Sananwetan.

Hadir dalam giat Jum’at Curhat tersebut Forkopimcam SananWetan, anggota dewan Sdr Bayu, tokoh masyarakat serta warga kelurahan Gedog.

Melalui kegiatan Jum’at Curhat, Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono yang diwakili Wakapolres Kompol Yoyok Dwi Purnomo menyampaikan bahwa pihaknya bisa betul-betul mengetahui kondisi masyarakat di lapangan.

“Program Jum’at Curhat merupakan salah satu upaya pembinaan kemitraan Polres Blitar Kota dengan masyarakat, di mana Polri dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, kritikan, masukan serta aduan masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian,” Kata Kompol Yoyok.

Kompol Yoyok juga menyampaikan selain sebagai sarana bertatap muka dengan warga dan menampung aspirasi serta keluhan, kegiatan Jum’at Curhat juga menjadi sarana pihak kepolisian untuk memberikan edukasi serta menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Dalam kesempatan tersebut, warga mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini. Warga mengapresiasi kegiatan Jum’at Curhat ini kalo bisa lebih sering diadakan dan dapat langsung berinteraksi antara masyarakat dengan Kepolisian.

Untuk sesi tanya jawab salah satu warga menanyakan terkait lalu lintas dimana terdapat titik rawan kemacetan dan laka lantas yang perlu mendapatkan perhatian.

Lain halnya dengan ibu Titik, menanyakan tentang pelayanan SIM Keliling dan kalau bisa untuk dipermudah mendapatkan sim khususnya anak anak sekolah.

Juga ada dari bapak Narin untuk patroli kepolisian hendaknya lebih dipersering bukan hanya malam minggu saja namun kalau bisa tiap malam dimana banyak anak anak muda yang nongkrong hingga larut malam yang dapat mengganggu ketenangan masyarakat.

Beberapa keluhan masyarakat langsung dijawab oleh Kompol Yoyok dan Kasat Lantas AKP Mulya serta Kapolsek Sananwetan AKP Agus Hendro Tri berkaitan dengan titik rawan macet dan kecelakaan lalu lintas akan menurunkan personil pada titik rawan dan membantu kelancaran arus lalu lintas.

Sedangkan untuk pelayanan SIM, Kasat Lantas AKP Mulya Sugiharto mengatakan silahkan ibu untuk datang ke kantor Polres Blitar Kota dimana ada program SILALU yang dapat membantu kemudahan dalam pengurusan pembuatan sim.

“Kami harapkan warga tetap disiplin mentaati peraturan lalu lintas seperti memakai helm dan juga melengkapi kendaraanya sesuai spechnya untuk menghindari pelanggaran dan tidak ditilang,” ujarnya.

Selanjutnya Kompol Yoyok mengatakan bahwa, dengan saran dan masukan yang diberikan kepada tugas dan tanggung jawab kepolisian khususnya di Polres Blitar Kota dapat meningkatkan kualitas kinerja kedepannya.

“Intinya kami sangat membutuhkan saran, kritik, dan informasi masyarakat. Melalui program Jum’at Curhat ini sebagai bahan evaluasi kami dalam rangka membenahi, memperbaiki ataupun meningkatkan kualitas kinerja pelayanan,” ujarnya.