Polres Blitar Kota kembali menggelar program Jum’at Curhat di salah satu kantor dess yaitu kantor desa Kawedusan kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Jum’at (10/03/2023).

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono dalam hal ini diwakili Wakapolres Kompol Yoyok Dwi Purnomo mengatakan, kegiatan ini untuk mendengar langsung curhat warga mengenai saran, kritikan, masukan serta aduan masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian di wilayah hukum Polres Blitar Kota

“Program Jum’at Curhat merupakan salah satu upaya pembinaan kemitraan Polres Blitar Kota dengan masyarakat, di mana Polri dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat untuk mendengarkan saran, kritikan, masukan serta aduan masyarakat terkait dengan pelayanan kepolisian dimana ini adalah salah satu program terpusat langsung dari Mabes Polri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat” ujar Kompol Yoyok.

Kompol Yoyok mengatakan, kegiatan ini berlangsung aman dan penuh keakraban sambil menerima langsung curhat warga terkait situasi kamtibmas di desa Kawedusan khususnya dan Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar pada umumnya.

Untuk sesi tanya jawab kepala desa Kawedusan menanyakan adanya wartawan media online maupun organisasi masyarakat yang sering mendatangi kantor desa yang sering menakut nakuti untuk memviralkan dan lain sebagaianya, bagaimana cara atau solusinya?

Sementara itu, ada juga yang menanyakan sulitnya mencari SIM dimana dalam ujian sering tidak lulus, kalau bisa dibantu dan dimudahkan juga tidak mahal.

Lain halnya dengan salah satu kamituwo desa Kawedusan yang membutuhkan saran dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang sebentar lagi.

Beberapa keluhan masyarakat langsung dijawab oleh Kompol Yoyok dan pejabat Polres Blitar Kota.

Berkaitan dengan banyaknya wartawan media online maupun organisasi masyarakat yang sering datang dan menakut nakuti untuk memviralkan hendaknya disikapi dengan biasa saja dan tidak perlu takut selama kita tidak melakukan pelanggaran ataupun penyimpangan dari tugas kita.

“Karena mungkin mereka ada tujuan lain yang tersembunyi, kita biasa saja selama kita tidak melakukan kesalahan atau pelanggaran,” ujar Kompol Yoyok.

Untuk pembuatan SIM, Polres Blitar Kota sudah ada program SILALU yang diperuntukan untuk masyarakat agar lebih mudah dalam pembuatan SIM. Kami harapkan masyarakat memanfaatkan program tersebut.

Selanjutnya Kompol Yoyok mengatakan dalam rangka bulan ramadhan nanti hendaknya masyarakat turut membantu pihak kepolisian untuk menciptakan kesejukan suasana dengan tidak melakukan ronda sahur secara berlebih, tidak bermain petasan dan turut mengawasi baik tetangga, teman ataupun kerabat dalam menciptakan suasana yang sejuk dalam bulan suci ramadhan.

“Intinya kami sangat membutuhkan saran, kritik, dan informasi masyarakat. Melalui program Jum’at Curhat ini sebagai bahan evaluasi kami dalam rangka membenahi, memperbaiki ataupun meningkatkan kualitas kinerja pelayanan,” tutupnya.