Menjelang Lebaran, Dinas Peternakan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, melakukan sidak daging sapi dan daging ayam ke sejumlah pasar. Rabu, 30/05/2018

Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak ada ulah nakal pedagang yang menjual daging oplosan, ayam tiren maupun daging yang berformalin.

Meski tidak ditemukan adanya temuan daging bermasalah, harga daging Sapi dan daging ayam saat ini mulai merangkak naik. Sidak ini diantaranya dilakukan di pasar Gambar Sejumlah daging di pasar Gambar  ini diperiksa oleh petugas dari Dinas Peternakan dan tim dokter.
Kepala Dinas Peternakan mengatakan dalam sidak di pasar ini tidak ditemukan daging sapi oplosan (dicampur dengan daging celeng) maupun daging glonggongan.
Dalam sidaknya kali ini pihaknya memastikan agar warga dapat mengkonsumsi daging dengan aman tanpa adanya daging oplosan.
Selain melakukan sidak di sejumlah los pedagang daging sapi, pihaknya juga melakukan sidak ke sejumah pedagang daging ayam.
Di tempat ini, sejumlah daging ayam siap jual juga dilakukan pemeriksaan oleh petugas. Hasilnya, tidak ditemukan adanya ayam tiren maupun ayam berformalin.
Sementara itu, harga sejumlah daging mengalami peningkatan. Harga daging sapi di pasar ini mencapai Rp110 ribu per kilogram, sedangkan harga daging ayam Rp23 ribu per kilogram, naik dari harga sebelumnya yang hanya di kisaran Rp 20 ribu per kilogram.