Polsek Sanankulon – Focus Group Discussion atau FGD adalah diskusi terfokus dari suatu group untuk membahas suatu masalah atau secara sederhana dapat didefinisikan sebagai suatu diskusi yang dilakukan secara sistematis dan terarah mengenai suatu pokok masalah tertentu. Saat sekarang sudah mendekati pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Blitar tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober mendatang. Pada Kecamatan Sanankulon terdapat 8 (delapan) Desa yang ikut dalam gelaran Pilkades serentak tersebut. Oleh sebab itu kegiatan FGD dilaksanakan sebagai forum diskusi antara semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam Pilkades nanti. Rabu, 2 Oktober 2019.

Tujuan dari forum diskusi ini erat kaitannya dengan rencana Pilkades serentak tersebut, dimana dinamika politik menjelang Pemilihan Kepala Desa Serentak terus berubah ubah yang dapat berdampak pada situasi keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga melalui forum diskusi ini diharapkan semua pihak yang ada didalamnya mendapatkan kesesuaian atau kesepahaman agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan sekaligus situasi kamtibmas tetap aman  dan damai hingga pasca Pilkades nanti.

Kapolsek Sanankulon AKP Agus Hendro Tri S, SH yang turut hadir dalam kegiatan tersebut sangat mendukung serta mengharap dukungan dari semua pihak untuk dapatnya mengawal, menjaga serta mensukseskan rangkaian rencana Pilkades serentak tersebut. Upaya upaya terus dilaksanakan dalam rangka mendapatkan keputusan bersama terkait Pilkades salah satunya melalui Forum diskusi ini, namun peran aktif tokoh tokoh yang ada dimasyarakat sangatlah penting. Dengan optimalisasi 3 pilar meliputi tokoh agama, masyarakat dan pemuda sebagai strategi pencegahan konflik pada Pilkades serentak ini sangat dibutuhkan. Dengan demikian diharapakan rangkaian tahapan Pilkades dapat berjalan dengan lancar dan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Sanankulon akan tetap aman, damai dan kondusif hingga pasca Pilkades. pungkas Kapolsek Sanankulon.