Polsek Udanawu berdialogis dengan pemilik usaha hewan ternak  .Sehubungan dengan meningkatnya kasus virus hewan yang saat ini sangat tinggi dan mematikan, para peternak menjadi sangat hati-hati dan waspada. Jadi mereka sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah untuk bisa menemukan solusi atas kejadian seperti ini. Polsek Udanawu melalui Bhabinkamtibmas memberikan edukasi mengenai gejala-gejala yang terjadi pada hewan saat terkena virus. Sabtu, 14 Mei 2022.

 

Dengan berkunjung ke rumah salah satu peternak wilayah Udanawu pak Darul, anggota Polsek Udanawu beranggotakan 4 personil menggunakan mobile Backbone patroli untuk sekedar memberikan sosialisasi tentang gejala penyakit mulut dan kaki pada sapi yang diketahui. Agar supaya masyarakat bisa mengetahui dan bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan cepat mencari solusi.

Sebenarnya juga sangat dibutuhkan penyemprotan pada hewan untuk membunuh virus dari luar sebelum bisa masuk ke tubuh hewan, Pak Darul mengaku selama ini hewan miliknya yang berjumlah 12 ekor sapi aman-aman saja, namun pihak Polsek Udanawu tetap memberikan himbauan dan ajakan untuk merawat dan menjaga kesehatan hewan sebab sapi merupakan hewan yang mahal untuk masyarakat perkampungan.

Terutama untuk kecepatan respon mantri atau dokter hewan sangat dibutuhkan, Polsek Udanawu kedepan agar berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menanggulangi penyakit mulut dan kaki pada sapi atau kambing, namun kesadaran akan melayani masyarakat harus dimiliki oleh seorang dokter hewan apabila dihubungi oleh peternak, memang harus melakukan pengecekan rutin untuk mengetahui kondisi yang dialami hewan.

Menurut Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto, S.Sos “penanganan penyakit mulut dan kaki merupakan tanggung jawab bersama unsur pemerintah dan lainnya harus bekerja, jadi koordinasi dan kerjasama akan dicapai kedepannya supaya masyarakat kecil tidak merasa rugi bila hewannya terjadi apa-apa. Polsek Udanawu selaku pengemban tugas wilayah Udanawu siap melayani masyarakat dan membantu mengatasi hal tersebut” terang Kapolsek Udanawu.