Polsek Wonodadi – Hari raya Idul Adha sudah tinggal menghitung hari. Menyikapi hal tersebut dan mengantisipasi penyakit pada hewan ternak, Polsek Wonodadi Polres Blitar Kota lakukan patroli dan sambang kepada peternak di desa Gandekan kecamatan Wonodadi kabupaten Blitar. Selain melaksanakan pengecekan juga memberikan himbauan terhadap peternak kambing etawa. Selasa (30/05/2023).

Kapolsek Wonodadi Iptu Suhariyanto, S.H, M.M menjelaskan, tujuan kami melaksanakan patroli wilayah yaitu untuk memberikan himbauan dan edukasi kepada peternak agar selalu memperhatikan kebersihan kandang dan agar disemprot secara rutin dengan desinfektan agar terhindar dari penyebaran penyakit kulit pada ternak yang sedang marak.

Selain itu, Kapolsek menjelaskan untuk jumlah ternak yang disambangi adalah jenis ternak kambing sebanyak 44 ekor terdiri dari 40 betina dan 4 pejantan, serta semuanya dalam keadaan sehat.

“Kami berharap kepada kelompok peternak kambing untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan mengontrol ternaknya serta lakukan koordinasi dengan dokter hewan ataupun mantri yang ada di desa atau kecamatan sehingga penyakit kulit yang saat ini mengancam dapat kita cegah dan harga maupun kebutuhan hewan ternak kedepannya saat hari raya Idul Adha dapat tercukupi,” pungkasnya.