Polsek Wonodadi – Musim kemarau tahun ini cukup panjang yang menyebabkan banyak daerah kekeringan. Tanaman maupun lahan banyak yang kering. Akhir akhir ini banyak kejadian kebakaran yang disebabkan kebakaran lahan. Untuk mengantisipasi sekaligus mencegah terjadinya kebakaran, Polsek Wonodadi menggiatkan upaya patroli atau pengawasan untuk mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran hutan atau lahan (karhutla) di wilayah kecamatan Wonodadi kabupaten Blitar. Sabtu (16/09/2023).

“Pemantauan lokasi dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya kebakaran dan dalam rangka menjaga keamanan dan mencegah munculnya titik api yang dapat menyebabkan kebakaran di wilayah tersebut,” kata Kepala Polsek (Kapolsek) Wonodadi Iptu Suhariyanto.

Saat melakukan patroli, Kapolsek mengatakan, Polsek Wonodadi juga berupaya memberikan himbauan kepada masyarakat agar waspada terhadap potensi karhutla. Masyarakat diminta berhati-hati ketika melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran lebih luas.

Diharapkan masyarakat tidak membakar membakar rumput kering di area perkebunan atau sawah, guna menghindari api merembet dan meluas. Warga juga diminta tidak membuang puntung rokok yang masih menyala sembarangan. Pasalnya, puntung rokok yang masih menyala itu juga dapat memicu terjadinya karhutla.

“Dengan langkah-langkah antisipatif, seperti patroli dan pemantauan ini, diharapkan dapat menjaga kelestarian hutan dan lahan, serta mencegah terjadinya bencana kebakaran yang dapat merugikan masyarakat dan lingkungan,” kata Kapolsek.