Polres Blitar Kota – Mendukung kegiatan bersih desa di desa binaanya,
Aipda Gandhi Ferdinan,SH. Bhabinkamtibmas Polsek Srengat Polres Blitar Kota menghadiri kegiatan tasyakuran yang dilaksanakan di desa binaanya, Kamis, 30 Juni 2022.

Tasyakuran dalam rangka bersih Desa Pakisrejo Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar yang dilakukan di  balai Desa Pakisrejo dengan suasana lesehan.

Dalam kegiatan yang dilakukan di desa binaanya lengkap dihadiri unsur tiga pilar adanya Kades Pakisrejo Sumarsono,S.Sos., Babinsa Desa Pakisrejo Sertu Ali , Bhabinkamtibmas Desa Pakisrejo Aipda Gandhi Ferdinan,Sh., Ketua BPD dan anggota, Sekdes Pakisrejo dan perangkat serta Toga, tomas, Kasun, ketua RW dan RT.

Usai acara, Kades Pakisrejo Sumarsono,S.Sos. sedikit menceritakan kepada media bahwa awal tahun 1820 Masehi datanglah 14  orang dari daerah mataram yang di pimpin H. Imam Syafi’i / Kasan Redjo yang membuka hutan di wilayah timur yang tumbuh tumbuhan pakis , maka tahun 1860 Masehi berdirilah Desa Pakisan , kemudian ke 14 orang tersebut membuka jalan ke arah barat yang bertana liat / lempung yamg akhirnya dinamakan Desa Nglempung.

Kemudian Sumarsono menjelaskan bahwa kegiatan bersih desa ini dilakukan dengan maksud untuk melestarikan budaya jawa sebagai rasa syukur kepada yang Maha Kuasa terhadap semua yang di berikan selama ini. Sedanglan bersih desa ini dilaksanakan setiap 1 tahun sekali.

Kemudian kegiatan tasyakuran dalam bersih desa dilanjutkan dengan memanjatkan doa dan potong tumpeng, lanjut Sumarsono.