Blitar Kota – Anggota Propam Polda Jatim berkunjung ke Polres Blitar Kota, Kamis (15/3/2023). Dalam giat apel pagi satu persatu anggota polisi dan PNS di Polres Blitar Kota diperiksa. Mulai kelengkapan identitas diri, atribut, hingga senjata, semua diperiksa oleh petugas Propam.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono melalui Kasihumas AKP Achmad Rochan mengatakan bahwa bertempat di halaman apel Belakang Mapolres Blitar Kota, para personil bergiliran menjalani pemeriksaan. Kesesuaian pakaian dinas, kerapian, rambut, dan kelengkapan kendaraan menjadi sasaran. Termasuk senjata api (senpi) yang dibawa anggota dan tes urine.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran disiplin personel Polri dan ASN di lingkungan Polda Jatim. Jika ada yang melanggar, tentu akan langsung dikenakan sanksi,” kata Kasihumas AKP Achmad Rochan.

Menurutnya, Operasi Penegakkan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) dari Bidang Propam Polda Jawa Timur ini merupakan kegiatan rutin. Apalagi, penertiban anggota merupakan salah satu program kerja Kapolri.

“Operasi Gaktibplin ini dalam rangka pembinaan. Tampang dan kelengkapan personel harus sesuai, karena sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat harus bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” lanjutnya.

Penertiban rutin ini digelar secara berkala di lingkungan Polda Jatim, serta di seluruh Polres dan Polsek jajaran. Upaya penertiban itu diharapkan bisa benar-benar maksimal untuk menjaga kedisiplinan anggota dan semua ASN di lingkup Polres Blitar Kota Polda Jatim.