Polsek Sukorejo –  Mendatangi rumah warga binaan yang kurang beruntung, Bhabinkamtibmas Polsek Sukorejo Polres Blitar Kota dalam rangka kegiatan penyaluran zakat fitrah yang dikeluarkan oleh keluarga besar Polsek Sukorejo. Selasa (19/05/2020).

Seperti saat ini ketika Bhabinkamtibmas Polsek Sukorejo bertamu ke rumah warganya. Tampak Bhabinkamtibmas ini dengan senyum ramah dan humanis menyerahkan paket beras zakat fitrah.

Ditemui ditempat terpisah, Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH membenarkan apa yang telah dikerjakan Bhabinkamtibmasnya dari membagikan atau penyaluran beras zakat fitrah kepada warga binaannya.

Beliau mengatakan, beras zakat fitrah tersebut kami berikan kepada masyarakat langsung dan utamanya kepada masyarakat yang tidak mampu. Agar mereka bisa merasakan indahnya suasana hati menjelang lebaran Idhul Fitri.

“Zakat fitrah merupakan zakat yang harus atau wajib dikeluarkan oleh umat muslim yang mampu sebelum sholat idul fitri berlangsung. Jenis zakatnya yaitu sesuai dengan makanan pokok kita dan di Indonesia sendiri makanan pokoknya adalah beras. Dan untuk beras zakat fitrah yang dikeluarkan oleh anggota Polsek Sukorejo tersebut sebagian kami berikan kepada masyarakat secara langsung dan utamanya kepada masyarakat yang tidak mampu. Agar mereka bisa merasakan indahnya suasana hati menjelang lebaran Idhul Fitri,” Kata Kompol Slamet Pujiono, SH.

Lebih lanjut Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH mengungkapkan bahwa sebelumnya kami mengkompulir zakat fitrah yang dikeluarkan oleh anggota dan setelah semuanya terkumpul kemudian kami lakukan teknis pembagiannya oleh anggota Bhabinkamtibmas.

“Zakat yang terkumpul dari anggota Polsek Sukorejo diserahkan kepada masyarakat yang berhak menerima oleh Bhabinkamtibmas Selaku pembina di kelurahan masing-masing,” ungkapnya.

Mungkin yang perlu diketahui bersama jika tujuan diwajibkannya zakat oleh Allah SWT bagi pemeluk agama Islam adalah untuk mensucikan hati dari sifat kikir dan cinta dunia secara berlebihan dan membersihkan harta dari hak orang lain. Karena dari harta yang dimiliki oleh seorang muslim tersimpan bagian saudaranya. Tandas Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH.