Polsek Sanankulon – Aipda Turnawan selaku Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon bersama dengan Babinsa berikan himbauan tentang langkah langkah cegah penyebaran virus corona di masjid disela hotbah sholat jumat. Kita turut ambil bagian dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di masyarakat desa dengan beberapa himbauan yang kami sampaiakn kepada majelis sholat jumat untuk tetap menjaga sanitasi dan kebersihan masjid. Jumat 1 Mei 2020.

Dengan memanfaatkan majelis sholat jumat, Aipda Turnawan sampaikan beberapa langkah sebagai upaya untuk cegah penyebaran virus corona ini. Ada setidaknya 6(enam) langkah yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya yang pertama agar pengurus atau takmir masjid teratur menjaga kebersihan lantai masjid dengan cairan disinfektan. Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alas sholat lainnya dengan rutin. Penggunaan vacum clener atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan untuk memmbersihkan karpet atau sajadah. Ketiga, menjaga kebersihan tempat wudu dan toilet dengan cairan disinfektan. Keempat, mengimbau para jemaah salat agar membawa sajadah atau sapu tangan serta kain bersih sendiri, sebagai alas sujud masing masing. Kelima, meminta para jemaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu dan selesma, agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh. Keenam, pengurus masjid ikut mengawasi penyebaran atau penularan virus corona dan melakukan upaya tanggap atau melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masjid.

Kapolsek Sanankulon melalui Kanit Binmas Aiptu Sutmo mengatakan bahwa petugas Bhabinkamtibmas hendaklah terjun langsung membaur dengan masyarakat sampaiakn himbuan himbauan sebagai bekal edukasi dalam rangka pencegahan virus corona ini. Dengan memanfaatkan forum atau majelis sholat jumat, maka akan sangat efekktif dalam upaya percepatan pencegahan viirus ini. Namun yang perlu diperhatikan betul adalah tetap mentaati SOP yang ada yaiitu jaga jarak antar satu dengan yang lain/Physical Distancing dan penggunaan masker. Semoga pendemi virus corona ini segera berahir dan masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti sedia akal. pungkas Aiptu Sutomo.