Sanankulon – Hari Minggu pagi merupakan hari kebaktian rutin yang dilaksanakan warga kita Umat Nasrani. Mulai pagi yakni sekira pukul 6 pagi hingga pukul 8, kegiatan ibadah atau kebaktian dilaksanakan. Ibadah ini rutin dilaksanakan setiap hari Minggu di masing-masing Gereja. Setidaknya terdapat 4 Gereja yang serentak melaksanakan ibadah.

Anggota Polsek Sanankulon dengan membawa kendaraan dinas melaksanakan patroli sekaligus pengamanan di Gereja yang sedang melaksankan ibadah kebaktian. Salah satu pendeta Bp. Paulus Budiono menuturkan bawasannya anggota dari Polsek Sanankulon rutin datang ke Gereja untuk melaksanakan patroli dan pengamanan.

Saat sekarang sudah menjelang Hari Raya Natal, tentu aktifitas umat Nasrani akan meningkat. Situasi Politik Nasional secara umum juga sudah menunjukkan kenaikan suhu. Agenda egenda kampanye baik dilapangan maupun di media massa kian meningkat. Media sosial menjadi lahan yang menjanjikan untuk berkampanye. Yang menjadi kewaspadaan adalah kampanye hitam atau Black Campaign , yang menggunakan ujaran kebencian yang bernuansa sara. Umat Nasrani di wilayah Kecamatan Sanankulon termasuk dalam kategori minoritas bila dibandingkan dengan umat Muslim. Oleh sebab itu menjaga kerukunan antara sesama akan menciptakan sebuah persatuam dan kesatuan yang kokoh. Dengan demikian anggota Polsek sanankulon tidak memandang dari latar belakang apa dlam melayani masyarakat. Semua berhak mendapatkan pelayanan Kepolisian contohnya seperti pengaman kegiatan ibadah Minggu pagi ini. Semoga suasana sejuk dan damai tetap terpelihara di bumi pertiwi ini. amin.