Polres Blitar Kota – Pada era modern sekarang ini kita sudah terbiasa mendengar bahkan bertransaksi menggunakan Online Shop. Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan. Tetapi kita juga harus pintar pintar membedakan Online shop palsu atau asli karena saat ini banyak sekali Toko Online penipuan.

Ditengah maraknya belanja online ini, dimanfaat oleh beberapa oknum pelaku kejahatan untuk melakukan penipuan. Seperti kejadian di Wilayah hukum polres blitar kota dan beberapa wilayah hukum polres lain yg melakukan pengaduan dimedia sosial Polres Blitar Kota. Banyak para Korban melapor telah tertipu oleh pelaku penipuan yang bermodus menjual barang secara online.

Petugas Polres Blitar Kota banyak menerima laporan baik secara langsung maupun melalui media sosial resmi milik Polres Blitar Kota. Dari banyaknya Laporan yang masuk dan tengah diselidiki oleh Petugas, Kepolisian menghimbau kepada Masyarakat untuk selalu waspada ketika melakukan Belanja secara Online, karena banyak cara yang dilakukan tersangka penipuan untuk meyakinkan pembelinya. Salah satunya dengan cara mengirim identitas pelaku yang belum diketahui Asli dan Palsunya.

Untuk itu, Kepolisian menghimbau untuk tidak mudah mempercayai Online Shop yang memasang harga murah atau tidak wajar, penipu biasanya menggunakan kalimat atau kata-kata yang hiperbola, janji-janji manis untuk meyakinkan calon pembeli agar langsung metransfer uang.

Selain itu kita juga patut waspada terhadap Online Shop yang memiliki beberapa rekening dengan nama pemilik yang berbeda-beda, karena itu bisa jadi menjadi modus pelaku untuk melakukan penipuan lalu menghilangkan jejak.

Masayarakat dihimbau untuk melaporkan segala bentuk penipuan kepada Kepolisian agar dapat diselidiki dan ditindaklanjuti, sehingga diharapkan dapat mengurangi angka penipuan.