Polsek Sanankulon – Telah ditulis sebelumnya bahwa setiap Desa seKecamatan Sanankulon mempersiapkan lokasi khusus untuk isolasi mandiri yang diperuntukkan bagi warga masyarakat pendatang dari luar kota atau daerah dan bagi warga yang mempunyai gejala yang mirip dengan pasien Covid 19 atau Corona. Bhabinkamtibmas Polsek Sanankulon bersama dengan semua pihak yang terkait melaksanakan pengecekan lokasi yang digunakan sebagai rumah isolasi mandiri tersebut meliputi fasilitas fasilitas yang ada mulai ruangan hingga ketersedian MCK. Jumat 10 April 2020.

Tujuannya tak lain adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini. Isolasi mandiri sebenarnya dapat dilakukan sendiri dirumah untuk mencegah penyebaran virus corona kepada anggota keluarga, warga atau tetangga di sekitarnya. Isolasi rumah penting dilakukan saat terdapat anggota keluarga yang positif terjangkit atau menunjukkan gejala gejala mirip Covid-19 sehingga penghuninya berisiko terinfeksi virus corona tapi belum dirawat di rumah sakit. Maksud isolasi rumah adalah, para pasien positif virus corona atau mereka yang berstatus suspect (terduga) tetap berada di rumah dan tidak bepergian agar meminimalisir potensi penularan virus tersebut. Mereka hanya keluar untuk menjalani perawatan di rumah sakit. Sehingga isolasi mandiri dirumah atau dilokasi yang sudah disediakan oleh Pemerintah ini sangat efektif memmutus mata rantai virus karena sejak dini sudah dapat dicegah penyebarannya dan tidak meluas.

Kapolsek Sanankulon AKP Wahono menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk mempunyai kesadaran tinggi dalam menghadapi serta ikut andil dalam mencegah virus ini. Meskipun bapak ibu tidak merasakan gejala apa pun, mengisolasi diri di rumah ada baiknya dilakukan khususnya jika baru saja kembali dari daerah yang memiliki resiko tinggi Covid 19. Di sisi lain, jika bapak ibu juga berinteraksi langsung dengan orang lain yang terjangkit virus Corona, ada baiknya juga untuk mengisolasi diri di rumah serta mematuhi anjuran pemerintah untuk memeriksakan diri ke Puskesmas untuk memastikan kondisi benar benar terhindar dari potensi paparan virus ini. tutur Kapolsek Sanankulon.