Polsek Sanankulon – Upacara Hari Kesaktian Pancasila merupakan pelaksanaan amanat Keputusan Presiden yang diantaranya memutuskan bahwa tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Jajaran Muspika Kecamatan Sanankulon menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini di halaman Kantor Kecamatan Sanankulon yang diikuti oleh Muspika Kec. Sanankulon berserta jajarannya sebagai wujud penghargaan terhadap nilai nilai yang terkandung dalam perayaan hari Nasional ini. Selasa 1 Oktober 2019.

Dalam upacara juga diisi dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan terutama pahlawan revolusi yang telah gugur dalam membela kemuliaan Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesi. Selanjutnya pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober ini harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri. Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa sekarang. Mereka harus paham dan mengerti makna daripada hari Kesaktian Pancasila ini.

Wakapolsek Sanankulon Iptu Ashari Ridho turut dalam peringatan upacara Hari Kesaktian Pancasila ini. Disela sela waktu beliau mengatakan bahwa Peringatan hari kesaktian Pancasila pada dasarnya untuk memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Sebagai dasar negara, Pancasila memiliki peran strategis sebagai fondasi dasar sebuah Negara. Selain itu, Pancasila memiliki makna sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan. Oleh karena itu, peringatan hari kesaktian Pancasila ini bisa dijadikan momentum kebangkitan bagi kita semua untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung luntur. Tutur Wakapolsek Sanankulon.