Blitar – Sebanyak 17 warga yang terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala maupun bergejala ringan asal Kecamatan Sananwetan telah dipindah secara bertahap ke lokasi Isolasi Terpusat, Gedung Kampus III UM di Blitar. Demikian disampaikan oleh Trianang Setyawan- Kepala UPTD Puskesmas Sananwetan di Konfirmasi di Ruang Kerjanya Rabu, 4 Agustus 2021.

Trianang mengatakan proses pemindahan warga yang terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala ini membutuhkan pendekatan ekstra, agar yang bersangkutan bersedia. Sebab, masih ada sejumlah warga yang takut diisolasi di lokasi Isoter atau Rumah Isolasi Covid-19. Padahal di lokasi tersebut, Pemerintah menjamin seluruh kebutuhan pasien.

Trianang menjelaskan, sejak Isoter diresmikan 2 Agustus 2021, Satgas Covid-19 Kecamatan Sananwetan dibantu Team Covid Hunter dari Polres Blitar Kota telah memindahkan 17 pasien konfirmasi Covid-19. Tahap pertama Satgas Sananwetan mengirim 11 pasien, dan tahap kedua terdapat 6 pasien konfirmasi tanpa gejala yang dipindah.

Trianang menambahkan di Kota Blitar memiliki 2 tempat isolasi yang berbeda, dimana untuk tempat isolasi terpusat dikususkan bagi pasien Covid-19 yang tanpa gejala, dan tanpa komorbit yang kondisinnya sehat dan bisa beraktifitas normal. Sedangkan untuk Rumah Isolasi bagi pasien Covid-19 yang bergejalan ringan, atau yang memiliki komorbit agar mudah dikontrol oleh petugas terkait.