Upacara tradisi pedang pora digelar di Mapolres Blitar Kota untuk pelepasan personel 5 Perwira, 1 Bintara dan 1 ASN Polres Blitar Kota yang telah memasuki masa purna bakti hari Jum’at tanggal 10 Januari2020.  Kegiatan ini menjadi tradisi bagi personel yang menjalani wisuda purnabakti. Setelah melewati barisan pedang pora, para purna bakti juga dilepas secara simbolis dengan delman hias dari Mapolres Blitar Kota menuju Perempatan Herlingga dipatung Bung Karno.

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, SH, S.I.K, MH menjelaskan, upacara wisuda purnabakti dengan pedang pora untuk memberikan penghargaan dan penghormatan terhadap anggota.

Tradisi pedang pora itu disimbolkan sebagai upacara penghormatan atas jasa-jasa pengabdian anggota yang selesai masa tugasnya.

Tersirat wajah bahagia para purna bakti dalam upacara pelepasan ini. Tradisi pedang pora dan naik delman hias untuk melepas purna bakti ini setiap tahun dilakukan Polres Blitar Kota. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada para anggota atas kinerja dan dedikasi selama menjadi anggota Polri.