Kota Blitar tingkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona di wilayah Blitar. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kota Blitar pun bahu-membahu mencegah serangan tersebut. Terkait hal itu Forkopimda kota Blitar mengikuti video conferece terkait perkembangan situasi terkini Virus Corona atau Covid-19 di wilayah jawa timur di ruang Rupatama Mapolres Blitar Kota hari Minggu tanggal 29 Maret 2020.

Video Conference ini dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan dan Pangdam V / Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe PB. Agenda ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui perkembangan situasi terkini Virus Corona di masing-masing Daerah yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela, SH, S.I.K, MH mengatakan sejak jauh-jauh hari Polres Blitar Kota bersama TNI dan Pemkot Blitar melakukan upaya dan langkah-langkah dalam menghentikan penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Mulai dari sosialisasi kepada masyarakat tentang penyebaran Virus Corona dan himbauan mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat. juga sudah melakukan penyemprotan di area umum atau tempat publik hingga ruas-ruas jalan juga dilakukan penyemprotan. rutin lakukan patroli gabungan ke tempat-tempat yang dijadikan masyarakat untuk berkumpul agar kembali ke rumah masing-masing dan mengimbau masyarakat agar tidak keluar apabila tidak ada kepentingan yang sangat emergency serta melakukan pengecekan terhadap kendaraan termasuk sopir dan penumpang ýang akan masuk ke wilayah Blitar.

Leonard menambahkan pihaknya bersama-sama TNI dan Pemkot Blitar akan semakin meningkatkan pencegahan Covid-19 di wilayah Kota Blitar. Salah satu upaya yang telah dilakukan ialah Physical Distancing.

“Tadi malam forkopimda Kota Blitar juga sudah melakukan Physical Distancing di beberapa perumahan dan ruas jalan tertentu yang ada di kota Blitar sebagai bentuk langkah dan upaya dalam mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 yang ada di wilayah Blitar,” pungkasnya