Dalam upaya meningkatkan kewaspadaan dan meminimalisir laka lantas serta gangguan dalam berlalu lintas di jalan raya, anggota Polsek Udanawu rutin melaksanakan pengaturan lalu lintas pagi di beberapa titik ramai wilayah hukum Polsek Udanawu, seperti simpang 4 Tapan, simpang 4 Slemanan, simpang 4 Mantenan, dan depan SMPN 1 Udanawu.

 

Giat pengaturan pagi rutin dilaksanakan oleh anggota Polsek Udanawu karena ramainya kendaraan warga yang berlalu lalang dipagi hari. Sehingga membuat arus lalu lintas pagi menjadi padat di wilayah Kecamatan Udanawu. Terlebih pada bulan Ramadhan yang selalu ramai kegiatan oleh masyarakat.

 

Fokus dari giat pengaturan lalu lintas pagi adalah untuk menciptakan kelancaran lalu lintas dan antisipasi terjadinya laka lantas. Dengan adanya anggota polisi yang berjaga di titik ramai dan traffic light, akan membantu para penyeberang serta mencegah tindak penerobosan dan membuat pengendara lebih tertib dalam berkendara.

 

Warga dihimbau agar selalu berhati-hati saat berkendara terlebih memasuki bulan suci Ramadhan yang akan selalu ramai dengan aktivitas warga dan musim penghujan. Akibatnya jalanan akan menjadi basah dan licin, serta rawan terjadi pohon tumbang dijalanan.

 

Supaya dapat mencegah dan meminimalisir gangguan di jalan raya, kegiatan pengaturan lalu lintas pagi akan dilakukan secara terus menerus, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan keselamatan berlalu lintas. Serta dapat meningkatkan ketertiban dalam lalu lintas jalan.