Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 varian Omicron, Tim Pamor Keris Udanawu (Patroli Bermotor Penegakkan Protokol Kesehatan Di Masyarakat) melaksanakan operasi yustisi di sebuah cafe yang berada di sebelah selatan perbelanjaan Alfamart Desa Bakung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Minggu, 20 Februari 2022.

 

Dalam kegiatan operasi yustisi tersebut Tim Pamor Keris Udanawu yang terdiri dari Anggota Polsek Udanawu gabungan dengan anggota Koramil Udanawu telah menindak beberapa anak muda yang berkunjung di Cafe karena tidak memakai masker sama sekali. Dan petugas juga telah memberikan masker secara gratis kepada pengunjung cafe tersebut.

Petugas telah menindak dengan teguran keras serta menghimbau agar selalu memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan saat berada di luar rumah, mengingat perkembangan virus Corona varian Omicron saat ini mulai ada peningkatan di beberapa wilayah di Indonesia.

Selain itu petugas juga memberikan informasi penting tentang terkait penggunaan masker dalam pencegahan Omicron yaitu Penggunaan masker dua lapis dapat menambah perlindungan dari partikel virus Covid-19 sebesar 107,5 persen, berikut panduan menggunakan masker yang benar :
1. Pastikan sudah mencuci tangan dengan benar yaitu menggunakan sabun di air yang mengalir.
2. Jika menggunakan masker bedah pastikan sisi luar adalah warna hijau dan sisi dalam warna putih.
3. Pasang tali masker dengan baik.
4. Pastikam masker menutupi hidung, mulut dan dagu dengan sempurna.
5. Buang masker ke tempat sampah dan cuci tangan dengan bersih setelah menggunakan masker.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Udanawu Akp. Anjun Sudaryanto S.Sos., “Bahwa kami dari Polsek Udanawu telah menggiatkan operasi yustisi melalui Tim Pamor Keris yang terdiri dari anggota TNI-Polri untuk melakukan pengawasan dan pendisiplinan warga masyarakat terhadap kepatuhan protokol kesehatan saat berada di luar rumah, hal ini dilakukan dalam rangka untuk pencegahan penyebaran Covid-19 Omicron di wilayah Udanawu Khususnya”. Kami menghimbau kepada warga masyarakat Udanawu “agar selalu menerapkan protokol kesehatan dengan baik walaupun sudah vaksin, mencegah agar tidak terinfeksi Covid-19 itu lebih baik daripada mengobatinya”. Pungkasnya Kapolsek.