Polsek Sukorejo – Polsek Sukorejo Polres Blitar Kota melarang aktivitas ronda sahur menggunakan sound system. larangan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) walikota Blitar Perihal Himbauan Pelaksanaan kegiatan selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022. Selasa (12/4/2022).

Kegiatan ronda sahur menggunakan sound system dengan suara yang keras, dapat mengganggu kenyamanan masyarakat. Untuk itu Polsek Sukorejo Polres Blitar Kota gencar melakukan patroli penertiban.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono, SH, SIK, M.Si melalui Kapolsek Sukorejo Kompol Slamet Pujiono, SH mengatakan, Selasa pagi menjelang subuh Polsek Sukorejo menindak kegiatan Sahur On The Road menggunakan sound system.

“Pada hari selasa menjelang subuh ada laporan melalui telepon dari masyarakat bahwa ada ronda sahur degan menggunakan sound system yang diikuti oleh pemuda sekitar 10 orang”, terangnya.

“Usai terima laporan dari masyarakat, Anggota Polsek Sukorejo dalam hal ini yang lagi patroli mengecek ke lokasi sesuai informasi yang diberikan oleh masyatakat dan diketemukan di Jalan Kalimas Kelurahan Tanjungsari Kecamatannya Sukorejo Kota Blitar kemudian dilakukan penindakan dan dihimbau untuk segera pulang kerumah masing-masing dan tak lupa mematikan Sound system”, sambungnya.

“Kami dalam hal ini Polsek Sukorejo pada setiap malam hari melakukan patroli SOTR dan akan menindak tegas kegiatan ronda sahur menggunakan pick up dan truk yang mengangkut sound system, tindakan yang kami ambil yaitu kami amankan dan dilakukan pembinaan, jika memang pengemudi dan kendaraan tidak dilengkapi surat-surat, atau ditemukan pelanggaran lainnya maka dilakukan penilangan”, katanya.

“Perlu kami ingatkan, selain bersuara keras, saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19, hindari kerumunan,” lanjut Kompol Slamet Pujiono, SH.

Pihaknya mengimbau para remaja dan masyarakat yang biasanya melakukan ronda sahur on the road (SOTR) untuk mengalihkan kegiatan dengan tadarus di Mushola dan masjid.

“Kami tidak ingin, kegiatan SOTR justru menimbulkan keresahan di masyarakat dan rawan gesekan,” pungkas Kapolsek Sukorejo.